October 17, 2010

Blackberry Pearl 3G (9100 / 9105)

Blackberry memang identik dengan keypad qwerty dan trackball atau trackpad. Tapi selain itu blackberry juga terkenal dengan suretype.

Apa itu suretype?


Suretype adalah sebuah inovasi dalam layout keyboard yang dikembangkan oleh Reseach In Motion. Bisa dibilang suretype adalah pengembangan dari keypad HP pada umumnya yang disatukan dengan keypad qwerty. Jadi dalam satu keypad akan mewakili 2 huruf. misalnya pada keypad angka 1 kita bisa menginput huruf E dan R. Suretype bisa kita temukan di blackberry tipe Pearl dan Storm

Setelah cukup lama mediamkan suretype blackberry memutuskan untuk mengeluarkan tipe baru yaitu Blackberry pearl 3G. Sebuah Handheld yang compact (baca : gampang dipegang) tapi memiliki power yang luar biasa.

Kenapa luar biasanya ?

blackberry pearl 3G adalah onyx versi kecil.

Processor, Ram, Kamera pearl 3G memiliki spesifikasi yang sama dengan blackberry onyx bahkan pearl 3G memiliki keunggulan disisi layar.

Uniknya lagi Blackberry Pearl 3G memiliki 2 rasa. yang pertama adalah rasa suretype dan satu lagi adalah rasa keypad HP konvensional.

Entah apa alasan RIM memutuskan untuk mengeluarkan pearl 3G rasa HP konvensional tapi yang pasti Blackberry pearl 3G merupakan salah satu blackberry dengan spesifikasi paling ciamik dan memiliki penggemar yang segmented namun setia.

Cukup mudah untuk kita diracuni dengan blackberry tipe ini karena terlihat simple dan memang menyenangkan, tapi jangan sampai salah dalam memutuskan. Memiliki blackberry tipe ini berarti kita berkomitmen untuk setidaknya bersabar dalam mengetik terutama dalam seminggu pertama tapi setelahnya mengetik dengan blackberry tipe ini bisa jadi jauh lebih menyenangkan dibandingkan menulis dengan blackberry berkeypad QWERTY.

Rahasia pengetikan dengan suretype adalah predictive input.

Bagaimana membuat blackberry pearl kita memiliki predictive input bahasa indonesia? Tentunya dengan meng-inject blackberry pearl kita dengan bahasa indonesia. ada 3 file bahasa indonesia yang berkeliaran di dunia internet. yaitu file 5.000 kata bahasa indonesia 25.000 kata bahasa indonesia dan 50.000 kata bahasa indonesia.

Malas untuk meng-inject? tenang saja Blackberry pearl 3G mempelajari kata-kata yang sering kita ketik dan pada akhirnya akan bisa memprediksi sendiri kata apa yang akan kita ketik syaratnya 1 yaitu kesabaran.

23 comments:

  1. Apakah perbedaan blackberry 9100 (suretype ) dengan blackberry 9105 (conventional)hanya di bagian keypad saja???adakah spesifikasi lain yang membedakannya??kirar mana yang lebih unggul, dilihat dari segi stylist, apakah 9100 atau 9105??bingung buat milih nih..tks.

    ReplyDelete
  2. betul hanya di bagian keypad aja kok bedanya..

    karena model yang sama jadi style sama-sama aja untuk dilihat tapi yang pasti 9105 membuat kita seperti balik menggunakan HP jaman dulu sementara 9100 memerlukan waktu sekitar 1 minggu untuk akhirnya terbiasa menggunakan suretype.

    secara personal, go for 9100

    ReplyDelete
  3. mau tanya donk software buat input language indonesia, download dimana ya?

    ReplyDelete
  4. mau tanya donk knp pearl 9105 gak ada ALT nya???
    kan type blackberry yang lain ada ALT nya.

    ReplyDelete
  5. yg 9100 itu gak ada di Indonesia kan?

    ReplyDelete
  6. tanya donkkk
    brp sih hrga 9105 ny skrng ???

    ReplyDelete
  7. 9105 harga berkisar antara Rp. 2.2 - 2.6 jt

    ReplyDelete
  8. em.nezious said...
    mau tanya donk knp pearl 9105 gak ada ALT nya???
    kan type blackberry yang lain ada ALT nya.
    April 15, 2011 3:50 PM

    Tombol ALT di 9105 bisa menggunakan shortcut dengan menekan tombol volume di kanan ke Atas, Bawah, Atas, Bawah, Atas. Agak ribet bagi yg belum biasa, tapi bagi yg sudah biasa gak ada masalah :)

    ReplyDelete
  9. numpang tanya ya, gmana cara nya kalo mau soft reset 9105? kalo bb qwerty laen nya kan ctrl+alt+del. kalo 9105 gmAna? thx

    ReplyDelete
  10. maaf numpang tanya donk klo mw copy text gmn y caranya soalnya alt disamping udah dicoba knpa ga bisa copy?makasi

    ReplyDelete
  11. saya pemakai BB Pearl 3G. nyaman pakenya terutama saat penyimpanan. anda bisa mrnyimpannya di kantong celana atau baju. ringan. benar bahwa layar n kameranya bagus. saya uda bandingkan dg torch n storm 2 saya.

    cara copy teksnya adalah:
    1. pilih teks yg akan disalin.
    2. tekan tombol berlogo BB, lalu pilih select text.
    3. tahan ALT, lalu sentuh n tahan lalu geser trackpad.
    4. pilih copy lalu paste

    ReplyDelete
  12. kalo mau soft reset, pake aja aplikasi RESTART ME. aplikasi itu dpt didownload di blackberry app world.

    ATAU

    instal aja CONTROLBBANEL. ini link-nya:
    http://icelzdownload.netii.net/bb/apps/controlBBanel/

    pilih JAD jika mau download n instal langsung

    ReplyDelete
  13. kak rohman domisili dimana???
    saya lagi butuh BB Pearl nich, mau beli tapi gak tahu stock. kalau ada info toko yg stock BB Pearl 9105 ada, tolong sms/telp kesini ya...
    0352-7171718

    ReplyDelete
    Replies
    1. mau bb pearl 9105, datang aja ke mall ekalos bogor di lantai 3 cari stand atau toko berry solution saya barusan beli distu hari senin agustus 2012

      Delete
  14. sms 085695867090 stock bb perl dll di jamin kirim2 ok, cod jaktim,jaksel,depok yg gak jauh dr rmh ane krn males

    ReplyDelete
  15. bisa di instal bahasa indonesia gak ya..?

    ReplyDelete
  16. harganya berapa yaa??
    Trims

    ReplyDelete
  17. wah,,, memang semua keluar Pearl tuh hampir sama ya design ya
    kalok masalah harga berapa ya?

    ReplyDelete
  18. cara download app worl di bb pearl 9150 gimana link nya gan

    ReplyDelete