July 13, 2010

Backup Blackberry

Memiliki blackberry berarti memiliki konektivitas tanpa batas (selama sinyalnya GPRS hehehe). Akan tetapi apa yang akan kita lakukan saat blackberry kita hang atau mengalami kerusakan dan semua data kita hilang?

Kondisi kehilangan data memang akan membuat kita seperti orang yang bingung dan tidak tau harus berbuat apa. Tapi kondisi ini akan bisa teratasi jika kita melakukan backup data pada blackberry kita menggunakan Blackberry Desktop Manager (DM)

Jika kita sudah menginstall DM di komputer kita. Maka jangan lupa untuk melakukan backup data dengan menggunakan menu backup and restore.


Langkah-langkah backup data menggunakan DM adalah sebagai berikut :
 

1. Buka DM
saat kita mencolokkan blackberry kita ke komputer biasanya akan seperti ini

2. Pilih menu Backup and Restore

3. Pilih Backup

4. Silahkan memberi nama file dan tetap memberi tanggal di file itu. Jadi kita tau file mana yang harus kita gunakan nantinya

5. Biarkan DM memproses backup data
 dalam proses ini biasanya memang akan memakan waktu agak lama saat membackup data blackberry groups (jika menggunakan BBM 5.0)

6. Selesai


Ada kalanya kita ingin membackup hanya beberapa data saja dan tidak semua data blackberry kita. Maka kita bisa menggunakan fitur advanced backup. Cara menggunakannya adalah :

1. Buka menu Backup and Restore

2. Pilih menu Advanced Backup
3. Pilih data yang ingin kita pindahkan lalu klik gambar panah kiri
 4. Biarkan DM mentransfer data
 5. Save data backup kita dengan membuka file
6. pilih menu save
7. Beri nama file backup
8. Silahkan Encrypt data (beri password) jika perlu

Lakukanlah backup secara teratur dua minggu atau satu bulan sekali dan kita akan merasa aman jika terjadi sesuatu dengan blackberry kita. (TH)

No comments:

Post a Comment