July 19, 2010

Lemot ?

Banyak pengguna blackberry semakin lama merasa blackberry bekerja semakin buruk. Hour glass/jam pasir terus-terusan terlihat, membuka aplikasi dan email terasa semakin lama dan tidak sebaik awal-awal dibeli.

Kenapa hal ini terjadi? Prinsip kerja blackberry bisa dibilang mirip dengan sebuah komputer. Blackberry menggunakan memory yang ada untuk menyimpan data, aplikasi dan juga log event. Oleh karena itu bersih-bersih blackberry perlu untuk dilakukan.

Blackberry perlu dibersihkan?


Jawabannya adalah iya. Tapi bukan berarti kita mengambil kain dan membersihkan blackberry kita (walaupun hal itu perlu dilakukan untuk membuat blackberry kita terlihat kinclong hehehe)

langkah-langkah untuk membersihkan blackberry sebenarnya sangat mudah. Langkah awal adalah kita membersihkan email-email yang ada di blackberry kita. Tidak perlu untuk menyimpan email kita secara terus menerus di Blackberry kita. cukup kita simpan yang penting dan email lain akan tetap ada di webmaster kita (baca:yahoo atau google).

bagaimana kalau ternyata blackberry kita sudah memiliki ratusan email ? cukup kita highlight tanggal terakhir kita lalu klik menu dan pilih delete prior. Email dibawah tanggal yang kita highlight akan otmatis terhapus.

Setelah membersihkan email tentunya membersihkan sms juga ada baiknya kita lakukan. caranya? sama seperti delete prior email, akan tetapi jangan lupa untuk men-save sms yang kita anggap penting

Langkah selanjutnya untuk membersihkan bb kita adalah dengan membuka folder messages dan menekan tombol alt + o. Efek dari short cut ini adalah kita akan berada pada kolom outbox. Pada kolom outbox kita juga akan melakukan delete prior.


Siapa yang suka menyimpan call log kalau hanya akan membuat blackberry kita semakin hari semakin berat? call log juga bisa kita bersihkan. Kita tinggal ke folder messages dan menekan alt +p. Saat di kolom call log kita juga akan melakukan delete prior.

Setelah folder messages kita bersihkan selanjutnya kita akan membersihkan cache yang ada di browser. Kita menuju browser di blackberry kita lalu kita pilih options. Pilih cache operations dan kita bersihkan semuanya mulai dari history, content cache, pushed content, dan terakhir cookie cache.

Untuk menjaga memory blackberry kita tidak ada salahnya kita menutup semua conversation yang terjadi di BBM, YM, Gtalk dan Windows Live Messenger. Karena hal ini juga akan memakan memory kita. Memang hanya sedikit memory yang dipakai per conversation. Tapi jika dibiarkan menumpuk, performa memory kita tidak akan semaksimal yang seharusnya.

Selesai membersihkan cache dan juga messages folder blackberry kita akan memiliki performa yang lebih baik dibandingkan sebelumnya saat kita membiarkan semuanya menumpuk. Jika ternyata blackberry kita masih belum sebaik yang seharusnya, tidak ada salahnya kita cabut batre dan membiarkannya mati selama 2 - 5 menit baru kemudian kita pasang batre kita lagi.

Jadi saat kita mengatakan blackberry kita lemot, kita pertimbangkan dulu. Memang blackberry-nya atau cara penggunaan kita yang sembrono? (TH)


ps : masih banyak hal-hal lain yang akan membantu performa blackberry kita. Tapi untuk saat ini, mari kita rajin membersihkan blackberry kita dulu.

No comments:

Post a Comment