July 5, 2010

Membeli Blackberry (Blackberry ini terbaik dan tepat serta Asli)

Setelah mengetahui blackberry tipe blackberry dan garansi yang diinginkan, tahap terakhir untuk membeli blackberry adalah pergi ke toko langganan dan membeli Blackberry yang kita idam-idamkan.

Pastikan saat membeli blackberry yang kita inginkan uang sudah kita siapkan (harus dong, kartu kredit juga bisa hehehe) dan kita sudah mantap dengan pilihan kita. Jangan salah saat kita datang ke toko handphone kita bisa tergoda untuk memilih tipe lain, jangan sampai menyesal dan mantapkan pilihan kita.

Katakanlah blackberry yang kita inginkan sudah ada ditangan kita, saatnya sekarang membuka segel dan melihat blackberry yang kita sudah kita idam-idamkan, jagan terburu-buru. Beberapa blackberry memiliki dus palsu. Bagaimana membedakannya ? khusus beberapa operator luar seperti t-mobile, at&t, verizon dan beberapa operator lain memiliki dus yang di-branding sendiri jadi berwarna putih dus-nya. Minimal memiliki sleeve seperti yang dilakukan oleh verizon.




Setelah yakin bahwa dus blackberry itu asli maka kita lihat stiker di pinggir kardus blackberry kita. Akan tertempel stiker yang menginfokan Imei beserta PIN dari blackberry kita. Pastikan stiker itu tertempel rapih dan bukan hasil tempelan ulang atau ditumpuk.




Jika saat itu anda memiliki teman yang sudah menggunakan blackberry silahkan pinjam dan buka situs www.numberingplans.com untuk mengetahui apakah IMEI kita aman atau tidak. Setiap handphone terdata di situs ini dan kita akan mengetahui apakah blackberry kita asli atau tidak (kelemahan website ini biasanya blackberry tipe baru belum terdata akan tetapi jika tulisan yang keluar adalah IMEI error maka bisa dipastikan blackberry kita hasil inject pin yang berarti tinggal tunggu waktu hingga suspend.) Setelah melakukan pemeriksaan IMEI kita langsung menuju prosesi selanjutnya yaitu buka segel.

Setelah buka segel silahkan ambil blackberry kita dan kita buka tutup baterainya akan tertera stiker kecil yang beruliskan PIN dan IMEI blackberry kita samakan dengan pin dan imei yang tertera di pinggir dus blackberry kita. Jika berbeda silahkan minta diganti dengan unit yang lain. Jika sama silahkan lanjutkan dengan memasukkan baterai tanpa memasukkan simcard terlebih dahulu.

Setelah blackberry menyala, logo operator sudah ada di layar blackberry kita dan sudah mulai memasuki home screen silahkan tekan secara berbarengan alt + Aa (capslock) + H. Kita akan berada di help screen yang lagi-lagi menginfokan IMEI dan PIN kita, silahkan samakan antara PIN dan IMEI tersebut dengan yang ada di dalam dus. Jika berbeda minta ganti dan jika sama silahkan teruskan dengan mencari menu options.

saat berada di menu options kita langsung menuju menu status dan silahkan ketik buyr dan nanti akan keluar tulisan data usage serta voice usage. Untuk data usage dan voice usage jika bukan angka 0 yang keluar silahkan minta penggantian unit. kecuali jika penggunaan data atau voice kecil (dibawah 250 kb dan hanya 1-2 menit untuk voice usage) dibawah voice usage dan data usage akan ada tulisan IT policy yang seharusnya bertulisan disabled.


Setelah selesai melihat status silahkan kembali ke menu options dan pilih advanced options lalu pilih simcard. di menu ini kita ketik MEPD dan silahkan cek tulisan yang keluar semuanya harus disabled.
Setelah prosesi ini selesai silahkan meneruskan transaksi dan minta tolong kepada toko untuk mengaktifkan layanan BIS kita. Setelah layanan BIS aktif silahkan menikmati dunia blackberry yang selama ini hanya menjadi mimpi. (TH)

PS : untuk pembelian blackberry second, silahkan melakukan pemeriksaan IMEI di numberingplans.com dan  periksa kesamaan IMEI dan PIN di dus, tempat menaruh batre di blackberry dan di HELP screen. Jika pin dan IMEI cocok maka blackberry aman untuk kita beli.

4 comments:

  1. mantab info-nya gan...

    Thks...

    ReplyDelete
  2. cek IMEI www.numberingplans.com

    gimana caranya ?
    masuk di menu bagian mana ?

    Tkhs Before

    ReplyDelete