July 5, 2010

Membeli Blackberry (Garansi Apa yang Bagus ? Distro apa Operator)

Mengetahui tipe blackberry apa yang tepat, bukan berarti akhir dari perjuangan membeli blackberry. Karena masih ada perjuangan lanjutan yaitu memilih garansi blackberry.

Blackberry yang beredar di Indonesia memang unik dibandingkan dengan blackberry yang ada di negara lain. Umumnya blackberry dijual hanya oleh operator yang bersangkutan oleh sebab itu rata-rata blackberry yang beredar memiliki tato atau tulisan operator (seperti t-mobile, at&t, dll) dibagian bawah keyboard (beberapa ada didekat kamera seperti tipe javeline) sementara itu di Indonesia blackberry dimasukkan oleh para distributor untuk kemudian diberi garansi oleh mereka dan dijual lagi. Garansi inilah yang disebut garansi distro atau garansi distributor dan banyaknya perusahaan distributor menyebabkan banyaknya blackberry yang memiliki garansi yang berbeda.



Sejak tahun 2004 layanan blackberry sudah ada di Indonesia, dan sejak tahun 2008 operator Indonesia sudah mulai secara gencar memasarkan blackberry official mereka. Sejak saat itu pula kita mulai bisa melihat logo operator Indonesia ada di unit blackberry yang kita miliki. Pihak operator juga menerima layanan purna jual sehingga bisa dibilang blackberry yang dijual oleh para operator adalah blackberry yang memiliki Garansi Operator.

Pertanyaan besarnya adalah garansi mana yang bagus ?

Sulit menjawab pertanyaan ini karena tiap orang memiliki pengalaman yang berbeda dengan distributornya masing-masing. Untuk memantapkan hati kita, silahkan banyak bertanya dengan para penjual dan pengguna blackberry yang sudah lebih berpengalaman distro mana yang memiliki aksesoris (seperti batre, charger, dll) yang asli dan tidak ditukar dengan yang KW 1 atau yang 99% original. Tanyakan juga distro mana yang tidak menjual blackberry refurbished atau blackberry jadi-jadian. Mereka yang sudah makan asam garam blackberry maka secara langsung akan bisa merekomendasikan blackberry keluaran distributor mana yang aman dan yang tidak aman.

Jika kita ingin bermain aman, maka seharusnya kita memilih membeli Blackberry yang dijual oleh operator Indonesia. Karena pertama untuk garansi dijamin resmi, lalu blackberrynya sendiri kecil kemungkinan suspend (jika blackberry suspend maka blackberry hanya bisa digunakan untuk sms dan telfon. serem ya mahal-mahal hanya untuk nelfon) dan jika suatu saat blackberry kita dicolong (agak miris menulisnya juga) maka operator bersangkutan akan bisa membantu kita untuk men-suspend blackberry yang dicolong (tentunya dengan persyaratan)

perlu diingat memilih blackberry garansi operator tentunya berarti kita akan mengeluarkan harga yang sedikit lebih mahal bisa sekitar 100.000 sampai 200.000 dengan asumsi blackberry kita akan aman.

Beberapa distributor yang pernah saya coba antara lain Bless, Royal Intan Mutiara dan Berrindo by T-cell ketiganya aman dan kalaupun ada masalah bisa dibilang bertanggung jawab dan tidak membuat pelanggan marah-marah.

Silahkan sekarang pilih-pilih ingin membeli blackberry garansi apa lalu silahkan menuju toko kesayangan dan cek fisik blackberry yang akan kita pakai.(TH)

14 comments:

  1. Thanks banget infonya yah...kebetulan sy baru beli BB Onxy 2 dengan garansi dari Berrindo, awalnya sy rada ragu krn kayanya blm pernah denger nama tsb sbg distributor resmi...

    ReplyDelete
  2. banyak yg bilang garansi yg bagus itu puna tam

    ReplyDelete
  3. amar...

    garansi yang bagus katanya trikomsel, karena garansinya bener2 full service... beda sama yg lain.. contoh garansi 2 tahun. trikomsel bener2 garansi 24 bulan service+sparepart. klu yg lain saya liat, 12bulan pertama service+sparepart, 12 bulan berikutnya cuma service, klu ada kerusakan ttp bayar

    ReplyDelete
  4. b*r*ynd* garansinya jelek, mending langsung TAM, ato trikomsel

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo ss(selular shop) gimana bro?
      sy baru beli dr situ

      Delete
  5. ROYAL parah baru pake 1 hari sudah rusak apa lagi klo beli di SANJAYA Jl.Abdulrachman Saleh - Bandung, hati - hati barang REKONDISI di bilang baru plus garansi royal 2 thn

    ReplyDelete
  6. kenapa ya hp saya (curve 9320) sering panas? padahal jarang dimainin dan baterainya pun cepat low.

    ReplyDelete
  7. Kecewa garansi royal..charger ga bisa dipakai...masih garansi toko...bisa ditukar ga ya...blm cek pinnya suspend ga...wah wah..jadi dag dig dug...

    ReplyDelete
  8. Adalagi nih..garansi GUTS, pengalaman beli setelah 2 minggu bb panas trus cuma garansi servive doang dah gitu pengerjaan nya gak rapi dan akhirnya bb gw jual dgn harga anjlok...parah!!

    ReplyDelete
  9. hati2 kalo mau beli bb ato gadged yang lain di DUKOMSEL DAGO BANDUNG cek aksesoris banyak yang dituker sama made in china

    ReplyDelete
  10. garansi berrindo g bagus,bb rusak g ampe 1 tahun dan mereka tidak bertanggungjawab atas produk yang mereka garansikan sendiri,temen saya perna kena bb curve 9220 rusak baru 1 bulan,tidak pernah jatuh,kena air,dll.dan pihak distributornya mengatakan "kerusakan ditanggung pembeli,garansi tidak berlaku"INIKAH YANG DINAMAKAN GARANSI TERPERCAYA?more like untrusted guaranteed for me,tbh,untuk bukti?selain bb teman w,bisa di cek di mbah google keluhan mereka"yang membeli bb garansi tcell,cukup tulis "blackberry garansi tcell"prove it!

    ReplyDelete
  11. blackberry garansi berrindo memang lumayan bagus,garansi tahun ke 1 buat all kerusakan,dan tahun ke 2 cuma garansi software.
    berrindo Tcell buka di bec.lantai LU blok J-01 bandung.

    ReplyDelete
  12. Berrindo jual barang gak jelas...klaim garansi tapi gak garansi sebenarnya.

    ReplyDelete